IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CILACAP TENGAH I TAHUN 2019

Rochany Septiyaningsih, Septiana Indratmoko, Frisca Dewi Yunadi

Abstract


Latar Belakang : Hasil Survey Penduduk Antar Sensus (SUPAS) tahun 2015 menyatakan AKI di Indonesia yaitu 305 per 100.000 Kelahiran Hidup (KH). AKI tersebut masih belum mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) yang diharapkan yaitu kurang dari 70 per 100.000 KH. AKI yang tinggi pada hakekatnya juga ditentukan oleh status gizi ibu hamil. Ibu hamil dengan status gizi buruk cenderung dihadapkan pada risiko kematian yang lebih besar, sampai saatinimasihbanyakibuhamil yang mengalami masalah gizi khususnya gizi kurang seperti Kurang Energi Kronis (KEK) dan anemia.KEK pada ibu dapat menyebabkan risiko dan komplikasi antara lain perdarahan, berat badan ibu tidak bertambah secara normal, infeksi dan anemi. Selainitu anemia pada ibu hamil juga dapat menyebabkan hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak, abortus, lamanya waktu persalinan karena kurangnya daya dorong rahim, perdarahan, infeksi. Beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil meliputi, umur, paritas, status ekonomi, pengetahuan, tingkat pendidikan dan kepatuhan konsumsi tablet Fe.
Metode : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil anemia di wilayah kerja Puskesmas Cilacap Tengah I pada Bulan Januari Agustus 2019, sebanyak 72. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data primer. Analisis data menggunakan univariat.
Hasil : Faktor risiko ibu hamil anemia sebagian besar tergolong umur tidak beresiko, paritas multigravida, lingkar lengan atas normal, usia kehamilan trimester III, pendidikan tinggi dan pendapatan tinggi.
Simpulan : Perlu dilakukan analisis lebih mendalam terkait faktor risiko kejadian anemia pada ibu hamil sehingga dapat diketahui faktor mana yang dominan mempengaruhi dan besarannya
Kata Kunci : Anemia, Ibu Hamil, Faktor Risiko

Full Text:

54 - 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.