PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENOPAUSE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU PRA-MENOPAUSE

Ni’matul Ulya, Pedvin Ratna Meikawati

Abstract


Latar Belakang : Menopause adalah fase alami dalam kehidupan setiap wanita yang menandai berakhirnya masa subur seorang wanita. Biasanya perempuan akan mengalami menopause antara usia 45-55 tahun (Rambulangi, 2010). WHO memperkirakan pada tahun 2030 jumlah perempuan yang memasuki masa menopause diperkirakan mencapai 1,2 milyar (WHO, 2014).
Tujuan Penelitian : mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang menopause terhadap tingkat pengetahuan ibu pra-menopause.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian “one group pre and post test designâ€. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu pra-menopause yang ada di RW I Desa Podosugih sebanyak 67 orang.
Hasil : Tingkat pengetahuan responden sebelum diberi pendidikan kesehatan memiliki tingkat pengetahuan kurang tentang menopause yaitu sejumlah 34 responden (50,8%), dan setelah diberi pendidikan kesehatan memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 36 responden (53,7%). Hasil uji dengan paired t-test didapatkan nilai t = 4.868, p=0,000 dengan α=0,05. Hipotesis nol ditolak karena nilai p <0,05 yang artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu pra- menopause di RW I Desa Podosugih Kota Pekalongan.
Simpulan :
Kata kunci : Menopause, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan

Full Text:

47 - 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.