FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN IBU TERHADAP SIBLING RIVALRY DI TK ISLAM AN-NUR PEKANBARU

Risa Pitriani

Abstract


Latar Belakang : Sibling Rivalry adalah jarak usia antara 1-3 tahun dan muncul pada usia 3-5 tahun kemudian muncul kembali pada usia 8-12 tahun. Di negara barat sebesar 82% dari beberapa keluarga,anakanaknya mengalami sibling rivalry dengan mayoritas usia anak < 4 tahun.
Tujuan Penelitian : mengetahui pengetahuan ibu tentang Sibling Rivalry berdasarkan pendidikan, usia,sumber informasi dan paritas ibu di TK Islam An-Nur Pekanbaru.
Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat deskriptif dengan disain Crossectional, Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak lebih dari 2 orang di TK An.Nur Pekanbaru yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian adalah pengetahuan OR = 3,000 (CI 95% : 0,606-14,864), informasi OR = 0,170 (CI 95% : 0,550-5,230), pendidikan OR = 0,801 (CI 95% : 0,750-1,040).
Simpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan antara paritas degan pengetahuan ibu tentang sibling rivalry. Saran informasi atau pengetahuan terhadap perkembangan anak dan bagaimana cara mendidik anak sehingga diharapkan kejadian sibling revarly dapat berkurang dan hal ini tidak lagi menjadi sebuah faktor penggangu terhadap tumbuh kembang anak di masa depannya.
Kata Kunci : Informasi, Pengetahuan, Pendidikan, Sibling rivalry

Full Text:

41 - 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.