FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PRE EKLAMSI BERAT PADA IBU BERSALIN DI RUANG KEBIDANAN RSUD HM. RYACUDU KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN 2018

Ani Kristianingsih, Yona Desni Sagita, Mutia Sari

Abstract


Latar Belakang : Salah satu penyebab tertinggi kematian ibu selain perdarahan dan infeksi adalah penyakit hipertensi dalam kehamilan (preeklampsia/eklampsia). Wanita dengan hipertensi dalam kehamilan berisiko terjadinya kelahiran preterm. Angka kejadian preeklampsia di Indonesia berkisar 1,5-25%, sedangkan kematian bayi 45-50%. Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatnya kasus PEB di RSUD Ryacudu Kotabumi.
Tujuan Penelitian : menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pre-eklampsia berat pada ibu bersalin di Ruang Kebidanan RSUD Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019.
Metode Penelitian : Rancangan penelitian menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di Ruang Kebidanan RSUD Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara tahun 2018 yang berjumlah 1006 orang. Sampel sebanyak 91 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian didapat ada hubungan faktor paritas dengan kejadian pre eklamsi berat pada ibu bersalin p.value 0,012 (<0,05). Ada hubungan usia ibu dengan kejadian pre eklamsi berat pada ibu bersalin di ruang kebidanan p.value 0,001 (<0,05). Ada hubungan jarak persalinan dengan kejadian pre eklamsi berat pada ibu bersalin p.value 0,003 (<0,05). Ada hubungan riwayat pre eklamsi dengan kejadian pre eklamsi berat pada ibu bersalin p.value 0,030 (<0,05).
Simpulan : Saran bagi petugas kesehatan perlunya memberikan informasi dan masukan sebagai bahan pertimbangan bagi Rumah Sakit khususnya Ruang Kebidanan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kegawatdaruratan kasus kebidanan terutama dalam mengatasi kasus-kasus yang berkaitan dengan preeclampsia.
Kata kunci : Ibu Bersalin, Jarak Persalinan, Paritas, Pre Eklamsi, Riwayat Preekalmsi, Usia

Full Text:

20 - 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.